Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)


 Assalammuallaikum wr.wb

   Hallo semua, izin memperkenalkan diri nama saya Muhammad Arief Muliawan Npm 205100010 Program studi sistem Informasi kelas sore yang merupakan mahasiswa UNIVERSITAS MITRA INDONESIA.

   Berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu Pengertian, Contoh, dan Konsep Pemrograman Berorientasi Objek dan juga untuk menyelesaikan tugas mata kuliah saya yaitu Pemrograman Berorientasi Objek dan Praktek Pemrograman Berorientasi Objek.



A. Apa itu Pemrograman Berbasis Objek?

   Pemrograman Berbasis Objek adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada "objek" yang berisi data, atribut, dan code dalam bentuk fungsi/procedure yang lebih dikenal dengan nama method.

  Objek dapat diartikan dengan fungsi khusus yang dapat berdiri sendiri. Perbedaan dengan konsep fungsi atau function pada pemrograman, objek dapat memiliki data dan fungsi sendiri.


B. Fungsi Pemrograman Berbasis Objek dalam PHP 

   Konsep pemrograman berbasis objek dalam PHP hadir dalam PHP versi 4 dan disempurnakan pada versi 5. Pada studi pemrograman, pembuatan program dalam PHP tanpa memerlukan objek disebut dengan pemrograman prosedural atau pemrograman fungsional.

  Disebut pemrograman prosedural, sebab memecah kode program menjadi bagian-bagian atau fungsi kecil dan menyatukan guna mencapai nilai akhir. Namun, keuntungan OOP akan terasa jika program tersebut sudah besar atau bekerja dengan tim dalam membagi tugas.

  Konsep objek untuk memisahkan program menjadi bagian-bagian yang dapat berdiri sendiri akan memudahkan dalam pembuatan program.


C. Kelebihan Pemrograman Berbasis Objek

   Kelebihan dari metode pemrograman berbasis objek diantaranya, maintenance program lebih memudah. Program yang dibuat akan mudah dibaca dan mudah dipahami. Kelebihannya lainnya, mudah dalam pengubahan program, berupa penambahan atau penghapusan fitur objek tertentu. Perubahan yang dapat dilakukan, misalnya penambahan dan penghapusan data pada suatu database.


D. Pemrograman Berbasis Objek : Istilah-Istilah di Dalamnya

   Kelas atau Class merupakan kumpulan definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit guna bertujuan tertentu. Misalnya class of cat, maka artinya suatu unit yang terdiri atas definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam turunan dari kucing.

   Class merupakan dasar modularitas dan struktur dalam pemrograman berbasis objek. Secara tipikal, class harus dapat dikenali non programmer meskipun terkait dengan domain permasalahan dan kode yang terdapat dalam class bersifat mandiri dan independen. Melalui modularitas, struktur sebuah program akan terhubung dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan sehingga dapat menyederhanakan pemetaan masalah ke program maupun sebaliknya.

   Property merupakan data yang dimiliki Class, misalnya pada class motor memiliki properti seperti tipe, warna, dan produsen. Sedangkan, Atribut merupakan istilah variabel global yang dimiliki kelas yang memiliki hak akses private, public maupun protected.

   Atribut dinyatakan sebagai private hanya dapat diakses secara langsung oleh kelas yang membungkusnya dan kelas lain tidak dapat mengakses atribut secara langsung. Atribut dinyatakan sebagai public, maka harus diakses secara langsung oleh kelas lain diluar kelas yang membungkus. Sedangkan atribut yang dinyatakan protected, maka tidak dapat diakses secara langsung oleh kelas lain di luar kelas yang membungkus terkecuali kelas yang mengakses merupakan kelas turunan dari kelas yang membungkus. Atribut dinyatakan state atau properties atau field merupakan bagian yang dimiliki kelas yang tidak melakukan operasi, tetapi dilakukan operasi sehingga dapat mengubah nilai dari atribut tersebut. Objek memiliki dua karakteristik utama, yakni atribut dan behavior. Atribut adalah status objek, sedangkan behavior merupakan tingkah laku dari objek. Method merupakan fungsi yang dibuat programmer pada suatu kelas yang memiliki izin akses seperti atribut pada kelas. Izin akses tersebut meliputi, private, public, dan protected. kelas dapat memiliki lebih dari satu method dengan nama yang sama dengan syarat memiliki parameter masukan berbeda sehingga compiler atau interpreter dapat mengenali method. Pada kelas, behavior disimpan dalam bentuk method yang merupakan serangkaian perintah pada suatu kelas yang mengontrol task tertentu. Dalam membatasi hak akses pada property dan method pada sebuah class, maka pada pemrograman berbasis Objek Oriented Programming menyediakan 3 kata kunci dasar, yaitu Public, Protected, dan Private. Saat property atau method dinyatakan sebagai public, maka keseluruhan kode program di luar class dapat mengakses tanpa terkecuali class turunan.


E. Konsep Pemrograman Berbasis Objek 

   Konsep abstraksi merupakan kemampuan program dalam melewati aspek informasi yang diproses, yaitu kemampuan untuk fokus pada inti. Setiap objek pada sistem merupakan model dari pelaku abstrak yang dapat melakukan pekerjaan, laporan, dan perubahan keadaan serta dapat berkomunikasi dengan objek lain dalam sistem tanpa mengungkapkan kelebihan yang diaplikasikan. Jika seekor singa yang menerima pesan tersebut, maka akan menggerakan kakinya dan berlari. 

   Dari kedua contoh tersebut, menjawab pesan yang sama namun sesuai dengan kemampuan masing-masing. Hal seperti ini dikenal dengan polimorfisme, didalam program variabel tunggal dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda dan teks program yang sama mampu memanggil beberapa metode yang berbeda. Enkapsulasi merupakan proses untuk memastikan pengguna dalam objek yang tidak dapat menggantikan keadaan dari objek dengan cara yang tidak sesuai prosedur. Hal ini mengartikan hanya metode yang terdapat dalam objek tersebut diberi izin untuk mengakses keadaan yang diinginkan.

F. Bahasa Pemrograman yang Mendukung Pemrograman Berbasis Objek

   Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berbasis objek salah satunya adalah bahasa pemrograman Java. Aplikasi yang berbasis Java biasanya dikompilasi ke dalam pcode atau bytecode sehingga dapat dijalankan diberbagai Mesin Virtual Java . Sebab, fungsionalitasnya memungkinkan aplikasi Java dapat berjalan diberbagai platform sistem operasi yang berbeda. 

G. Kelebihan Bahasa Pemrograman Java 

   Kelebihan utama dari bahasa pemrograman Java salah satunya dapat dijalankan di beberapa platform atau sistem operasi komputer. Dengan demikian, bahasa pemrograman java cukup dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi pada beberapa platform yang ada. 

   Kelebihan yang dimiliki Java memungkinkan program dapat dikerjakan di atas operating system Linux, namun dapat dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang mendukung bahasa pemrograman Java, diantaranya Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan Sun Solaris. Selain itu, Java sangat memiliki kelebihan dalam keberadaan komunitas Java yang berkembang membuat perpustakaan melingkupi keseluruhan kebutuhan pembangun aplikasi. Java memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik programmer C++ untuk pindah ke pemrograman Java. 


H. Kekurangan Bahasa Pemrograman Java 

   Pemrograman Java memiliki kekurangan seperti masih terdapat beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lainnya. Hal ini disebabkan kode Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi. Kekurangan lainnya, penggunaan memori untuk program berbasis Java lebih besar dari pada bahasa generasi sebelumnya seperti bahasa C atau C++ dan Pascal. 

I. Pemrograman Berbasis Objek : Dasar-Dasar dan Aturannya 

   Dasar-dasar dan aturan dalam pemrograman berbasis objek salah satunya adalah pada penulisan komentar. Komentar program merupakan bagian dari kode program yang tidak ikut serta dieksekusi pada proses kompilasi program. Sementara untuk komentar beberapa baris atau lebih dari satu baris pada Java menggunakan tanda /* dan */. Komentar untuk keperluan dokumentasi, yaitu dengan menggunakan tanda /** dan */. Komentar ini digunakan Java Doe guna mengenerate atau untuk menghasilkan file HTML. 

   Braces atau kurung kurawal «{}» digunakan untuk membuat blok program seperti kelas, method, control pemilihan, kontrol pengulangan dan mengisi nilai inisial pada deklarasi array. Semicolon atau tanda titik koma «;» digunakan untuk memisahkan variabel perintah atau statement. Comma atau tanda koma «,» digunakan untuk memisahkan variabel dalam proses deklarasi. Identifiers merupakan nama-nama bias yang dideklarasikan dalam Java, namun bukan bagian dari kata kunci dalam Java. 

J. Mengenal Tipe Data dan Variabel dalam Pemrograman 

   Komponen penting dalam pemrograman adalah variabel yang merupakan objek dimana informasi dinamis disimpan. Saat menulis nama atau membuat akun baru maupun proses login ke website, maka nama yang ditulis akan disimpan dalam variabel sebelum diproses. Jenis tipe data karakter memungkinkan variabel menyimpan informasi single karakter, seperti huruf «P», «7», atau «@».

  Tipe data string memungkinkan variabel menyimpan data atau huruf/karakter text. Tipe data integer digunakan untuk menyimpan informasi angka dalam variabel, namun bukan bilangan pecahan. Tipe data floating digunakan untuk menyimpan informasi angka atau bilangan dalam format pecahan atau angka desimal.





Praktek pembuatan Aplikasi menggunakan Java Netbeans

1. https://youtu.be/UMcilEeZQnM





2. https://youtu.be/UMcilEeZQnM






Tidak ada komentar:

Posting Komentar